Komputasi Bergerak

Komputasi Bergerak atau Mobile Computing adalah sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan secara fisik dan kemampuan komputasi yang dapat digunakan ketika mereka sedang dipindahkan. Sekumpulan hardware, data dan perangkat lunak aplikasi yang mampu berpindah tempat. Kelas tertentu dalam sistem terdistribusi dimana beberapa node dapat bergerak bebas dan melakukan koneksi pada jaringan yang berbeda.

Mengapa disebut komputasi bergerak? Karena:
  1. Memiliki aplikasi yang sangat luas
  2. Memiliki kemampuan melakukan perpindahan posisi
  3. Memiliki kemampuan perpindahan peralatan
  4. Memiliki kemampuan perpindahan jaringan,dll
Contohnya adalah ponsel, personal digital assistant (pda), dsb. Perangkat komputasi bergerak tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi seperti halnya Handphone, kalkulator, PSP, netbook juga dapat dikategorikan sebagai perangkat komputasi bergerak. Berikut ini merupakan beberapa contoh komputasi bergerak, antara lain :
  1. Computer Portable
    Portabel komputer adalah sebuah computer yang dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Computer portable tengah populer dikalangan masyarakat terutama pelajar karena praktis dan mudah dibawa. Computer portable dikenal juga dengan sebutan laptop atau notebook.
  2. Tablet PC
    Tablet PC adalah computer yang berbentuk seperti sebuah buku yang biasa disebut dengan Ipad. Dengan memiliki beberapa kelebihan yakni dengan adanya teknologi layar sentuh.

  3. Internet Tablet
    Internet tablet adalah berbagai alat mobile internet yang dibuat dan difokuskan hanya untuk internet dan fitur – fitur media lainnya.
  4. PDA
    PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
  5. Ultra Mobile
    Ultra mobile PC atau yang lebih dikenal dengan Micro PC adalah komputer ekstra mini yang bisa dibawa kemana – mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dana dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor. Alat ini dikembangkan oleh Microsoft bekerja sama dengan ASUS, Samsung dana Founder.
  6. Smart Phone
    Smart Phone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, dan kadang memiliki fitur yang menyerupai komputer. Saat ini smartphone sangat diminati dan terus dikembangkan dengan berbagai fitur canggih.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat.

 Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.

 Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database. Teknologi nirkabel/wireless memegang peran penting dalam komputasi bergerak. Dan berikut ini adalah contoh teknologi dalam Komputasi Bergerak :
  • In room network: infrared, Bluetooth
  • WLAN
  • Broadband wireless network
  • Wide area wireless
  • Satelite based network
  • Celluler Network

 Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.

 Kelebihan Mobile Computing
  • Aplikasi yang luas
  • Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
  • Bebas berpindah jaringan
Kekurangan Mobile Computing
  • Minimnya Bandwith
    Akses internet pada peralatanini lambat jika dibandingkan dengan akses dengan kabel, akan tetapi dengan menggunakan teknologi GPRS, EDGE dan jaringan 3G, LAN Nirkabel berkecepatan tinggi tidak terlalu mahal tetapi memiliki bandwith terbatas.
  • Konsumsi tenaga
    Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.
  • Gangguan Transmisi
    Jarak dengan pemancar sinyal dan cuaca sangat mempengaruhi transimis data pada mobile computing.
  • Potensi Terjadinya Kecelakaan
    Beberapa kecelakaan akhir2 ini kerap disebabkan oleh pengendara yang menggunakan peralatan mobile computing saat berkendara.
  • Kendala sumber daya yang terbatas pada perangkat mobile
    Agar bersifat portable dan mobile, device dirancang kecil dan ringan. Tetapi dengan desain ini ada kelemahannya yaitu kapasitas baterai yang kecil, kapasitas penyimpanan memory kecil, daya komputasi terbatas.
Dengan membedakan sistem komputasi mobile dari sistem komputasi lain, kita bisa mengidentifikasi perbedaan dalam kinerja bagaimana dirancang, digunakan dan diatur dalam pembuatan sistem tersebut. Ada beberapa hal yang sistem komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem komputasi yang statis.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts